MB IPB Repository

Analisis faktor-faktor kepuasan konsumen perumahan bumi kencana permai

Putra, Edo Duanda (2009) Analisis faktor-faktor kepuasan konsumen perumahan bumi kencana permai. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (343Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF - Published Version
    Download (304Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF - Published Version
      Download (309Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF - Published Version
        Download (319Kb) | Preview
          [img]
          Preview
          PDF - Published Version
          Download (697Kb) | Preview

            Abstract

            Pertambahan penduduk terutama dikota bogor membuat para pengembang perumahan mencari daerah yang prospektif untuk dikembangkan menjadi perumahan. Dengan adanya krisis global yang melanda banyak orang beralih ke perumahan sederhana untuk bisa memiliki rumah. Salah satu perumahan yang masih eksis di Kecamatan Tanah sareal adalah Perumahan Bumi Kencana Permai (BKP) yang memiliki areal untuk perumahan sebesar 80 Ha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku dan persepsi konsumen dan calon konsumen perumahan BKP, menganalisa demografi konsumen dan calon konsumen perumahan BKP, menganalisis tingkat kepuasan dan loyalitas konsumen perumahan BKP. Penelitian ini dilaksanakan di perumahan BKP Kec Tanah Sareal, Bogor. Pengambilan data dilakukan pada bulan September sampai oktober 2009. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan survei. Metode penarikan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode non probability sampling. Pengambilan kuesioner dilakukan secara convenience sampling, yaitu sampel diambil berdasarkan ketersediaan dan kemudahan untuk mendapatkannya. Pengambilan ukuran sampel dilakukan dengan menggunakan rule of thumb dari Structural Equation Modeling (SEM). Jumlah variabel indikator yang menyusun model SEM pada penelitian adalah sebanyak 20 variabel indikator, maka sesuai rule of tumb SEM penelitian ini menggunakan jumlah sampel sebanyak 200 orang. Pada penelitian ini variabel kepuasan konsumen dikembangkan dengan model expectations-disconfirmation yang dikenal dengan SERVQUAL. Model dibangun dengan dua variabel, yaitu variabel laten dan variabel indikator. Variabel laten terdiri dari lima variabel laten eksogen yakni tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy serta dua variabel laten endogen yakni kepuasan dan loyalitas. Metode pengolahan dan analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif, tabulasi silang, thurstone, structural equation modeling, customer satisfaction index, dan customer loyalty index. Analisis deskriptif digunakan untuk memberikan gambaran mengenai karakteristik umum konsumen dan proses keputusan pembelian yang tengah berlangsung pada saat penelitian dilakukan. Structural equation modeling (SEM) memberikan informasi mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan, dan pengaruh kepuasan terhadap loyalitas. Customer satisfaction index (CSI) untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan dan Customer loyalty index (CLI) untuk mengukur tingkat loyalitas pelanggan. Berdasarkan analisis deskriptif, karakteristik umum responden perumahan BKP secara keseluruhan adalah sebagian besar berjenis kelamin laki-laki berusia 30-45 tahun, sudah menikah dengan tingkat pendidikan SMA yang bekerja sebagai karyawan swasta jumlah keluarga responden rata-rata tiga orang dengan pengeluaran perbulan dibawah dua juta dan rata-rata responden menyediakan dana untuk membeli rumah dibawah enam puluh juta. Berdasarkan analisis Perilaku konsumen dalam membeli rumah yaitu mempunyai tujuan membeli untuk ditempati dan sebelum membeli rumah melakukan perbandingan dengan perumahan lain. Kebanyakan konsumen melakukan perbandingan keperumahan graha bukit pesona dan bumi citra kencana. Tipe rumah yang paling banyak diminati konsumen adalah tipe 22/60. Berdasarkan analisis persepsi konsumen dalam menentukan kawasan perumahan, konsumen perumahan BKP melihat terlebih dahulu harga rumah, lokasi yang strategis (kemudahan dalam mencapainya), dan lingkungan yang asri. Begitu juga dengan calon konsumen perumahan BKP mempunyai persepsi yang sama dalam menentukan kawasan perumahan. Begitu juga dengan persepsi konsumen dalam memilih rumah, harga rumah menjadi pilihan utama dalam menentukan yang kemudian diikuti dengan tipe rumah, kualitas rumah, luas tanah dan posisi kavling. Persepsi calon konsumen BKP juga sama dengan persepsi Konsumen BKP. Perumahan lain menurut konsumen BKP kebanyakan memiliki fasilitas dan sarana, yang lebih menarik begitu juga dengan pendapat calon konsumen BKP dengan lokasi yang lebih dekat. Analisis tabulasi silang antara info perumahan BKP dengan perilaku konsumen pada konsumen BKP menunjukkan ada hubungan antara perumahan lain, dan perbandingan keperumahan lain, dan status sedangkan calon konsumen BKP menunjukkan adanya hubungan antara perumahan lain. Analisa tabulasi silang antara demografi dengan perilaku konsumen pada konsumen BKP menunjukkan adanya hubungan antara jenis kelamin dengan perumahan lain. Terdapat hubungan yang signifikan antara kepuasan dengan peubah laten tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Dimensi assurances merupakan dimensi yang memiliki pengaruh terbesar dalam membentuk kepuasan konsumen dengan atribut yang paling berpengaruh adalah harga rumah dan memiliki tingkat kepentingan paling tinggi menurut pelanggan. Secara total responden merasa puas dan loyal terhadap perumahan BKP dengan indeks kepuasan pelanggan sebesar 63.63 dan indeks loyalitas pelanggan sebesar 76.09. Terdapat hubungan yang signifikan antar kepuasan dan loyalitas. Kepuasan merupakan komponen pembentuk loyalitas. Responden yang merasa puas bersedia akan tetap memilih tetap tinggal di perumahan BKP walaupun ada perumahan lain sejenis yang lebih menarik dan menawarkan harga yang lebih murah. Konsumen perumahan BKP mayoritas puas terhadap kondisi umum perumahan BKP dan Loyalitas, kecuali pada rumah tipe kecil (melati dan melati plus)

            Item Type: Thesis or Disertation (Masters)
            Uncontrolled Keywords: Housing, Perception, Behavior, SEM, Satisfaction, Loyalty Perumahan, Persepsi, Perilaku, SEM, Kepuasan,Loyalitas
            Subjects: Manajemen Pemasaran
            Divisions: UNSPECIFIED
            Depositing User: Library
            Date Deposited: 06 Sep 2011 08:42
            Last Modified: 30 Oct 2014 11:32
            URI: http://repository.mb.ipb.ac.id/id/eprint/319

            Actions (login required)

            View Item