MB IPB Repository

Analisis persepsi dan sikap muzzaki terhadap badan amil zakat nasional di kota jakarta

Shalihati, Fithriyyah (2010) Analisis persepsi dan sikap muzzaki terhadap badan amil zakat nasional di kota jakarta. Masters thesis, Institut Pertanian Bogor.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (330Kb) | Preview
    [img]
    Preview
    PDF - Published Version
    Download (318Kb) | Preview
      [img]
      Preview
      PDF - Published Version
      Download (332Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF - Published Version
        Download (315Kb) | Preview
          [img]
          Preview
          PDF - Published Version
          Download (628Kb) | Preview

            Abstract

            Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden No. 8 tahun 2001, tanggal 17 Januari 2001, yang mempunyai dasar hukum yaitu UU Nomor 38 Tahun 1999 tentang Pengelolaan Zakat, dam berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) No. 8 tahun 2001 tanggal 17 Januari 2001 diperbarui dengan SK No. 103 tahun 2008. Potensi dana zakat di Indonesia bisa mencapai 193 triliun yang bisa mengurangi angka kemiskinan di Indonesia. Tetapi pada kenyataannya, penerimaan zakat tahun 2008 hanya berkisar 725 miliar. Angka tersebut turun dari tahun 2006 yaitu 974 milyar dan tahun 2007 yaitu 717 miliar (sumber BAZNAS). Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimana karakterisitik muzzaki yang membayar zakat melalui BAZNAS, muzakki yang membayar zakat melalui lembaga lain, serta para muzzaki yang membayar zakat langsung kepada mustahik (non lembaga) di kota Jakarta? (2)Bagaimanakah perbedaan persepsi dan sikap muzzaki yang membayar zakat melalui BAZNAS, muzakki yang membayar zakat melalui lembaga lain, serta para muzzaki yang membayar zakat langsung kepada mustahik (non lembaga) di kota Jakarta? (3)Bagaimanakah model faktor-faktor yang berhubungan dengan kecenderungan muzzaki yang membayar zakat melalui BAZNAS, muzakki yang membayar zakat melalui lembaga lain, serta para muzzaki yang membayar zakat langsung kepada mustahik (non lembaga) di kota Jakarta? Berdasarkan perumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah (1)Mengidentifikasi karakterisitik muzzaki yang membayar zakat melalui BAZNAS, muzakki yang membayar zakat melalui lembaga lain, serta para muzzaki yang membayar zakat langsung kepada mustahik (non lembaga) di kota Jakarta, (2)Mengidentifikasi perbedaan persepsi dan sikap muzzaki yang membayar zakat melalui BAZNAS, muzakki yang membayar zakat melalui lembaga lain, serta para muzzaki yang membayar zakat langsung kepada mustahik (non lembaga) di kota Jakarta. (3)Mengidentifikasi model faktor-faktor yang berhubungan dengan kecenderungan muzzaki yang membayar zakat melalui BAZNAS, muzakki yang membayar zakat melalui lembaga lain, serta para muzzaki yang membayar zakat langsung kepada mustahik (non lembaga) di kota Jakarta. Kajian penelitian dibatasi pada ruang lingkup dalam aspek analisis persepsi dan sikap muzzaki di Kota Jakarta. Muzzaki pada penelitian ini terbatas menjadi dua bagian, yaitu Muzzaki Lembaga, yaitu muzzaki yang membayar zakat melalui BAZNAS dan muzakki yang membayar zakat melalui lembaga lain seperti Dompet Dhuafa, Al Azhar, dan Rumah Zakat. Muzzaki kedua adalah Muzzaki Non-Lembaga yaitu para muzzaki yang membayar zakat langsung kepada mustahik atau melalui DKM sekitar tempat tinggal di kota Jakarta, yaitu masyarakat yang mempunyai kelebihan dana untuk berzakat (penghasilan sudah mencapai nisab), tetapi belum membayar zakat melalui lembaga. Penelitian ini hanya membahas persepsi dan sikap masyarakat terhadap BAZNAS di kota Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan wilayah kota Jakarta yang dilakukan selama tiga bulan yaitu mulai bulan Desember 2009 sampai dengan bulan Februari 2010. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan jenis penelitian survei, yang dilakukan melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner. Pengambilan contoh dilakukan untuk muzzaki yang membayar zakat ke Lembaga dan Non-Lembaga. Metode pengambilan sampel muzzaki yang digunakan adalah pengambilan sampel secara convinience sampling. Variabel – variable dalam penelitian ini adalah Brand Awareness terhadap Zakat dan terhadap BAZNAS, persepsi, sikap, dan demografi Muzzaki. Pengolahan dan analisis data menggunakan tabulasi deskriptif, multiatribut Fishben dan analisis diskriminan. Dari Hasil Penelitian diketahui bahwa untuk Muzzaki Lembaga, jumlah Muzzaki wanita sebanyak 21 orang (21 persen), dan Muzzaki Laki-Laki sebanyak 89 orang (89 persen). Muzzaki Non-Lembaga, jumlah wanita sebanyak 36 orang (36 persen), dan jumlah Muzzaki Laki-laki sebanyak 64 orang (64 persen). Muzzaki Lembaga terdiri dari 19 orang dengan status pernikahan belum menikah, dan 81 orang dengan status pernikahan menikah. Muzzaki Non-Lembaga terdiri dari 14 orang dengan status pernikahan belum menikah, dan 86 orang dengan status sudah menikah. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pada Muzzaki Lembaga 31 orang (31 persen) berusia 25 hingga 35 tahun, 43 orang (43 persen) berusia 36 hingga 45 tahun, dan sisanya 26 orang (26 persen) berusia 46 tahun ke atas. Muzzaki Non-Lembaga pun mempunyai jenjang usia yang beragam, yaitu 28 orang (28 persen) berusia 25 hingga 35 tahun, 39 orang (39 persen) berusia 36 hingga 45 tahun, dan sisanya 33 orang (33 persen) berusia 46 tahun ke atas. Muzzaki pada penelitian ini memiliki latar belakang pekerjaan yang beragam. Muzzaki Lembaga sebanyak 42 orang (42 pesen) mempunyai latar belakang sebagai pegawai swasta, 31 orang (31 persen) mempunyai latar belakang sebagai wiraswasta, 23 orang (23 persen) mempunyai latar belakang sebagai pegawai negeri), sedangkan pelajar/mahasiswa dan Ibu Rumah Tangga masing- masing 2 orang 2 persen). Muzzaki Non-Lembaga mempunyai latar belakang sebagai wiraswasta sebanyak 31 orang (31 persen), pegawai swasta 24 orang (24 persen), pegawai negeri 22 orang (22 persen), pelajar/mahasiswa 16 orang (16 persen), dan ibu rumah tangga sebanyak 7 orang (7 persen). Pendidikan terakhir Muzzaki berkisar mulai dari SLTA hingga jenjang Sarjana (S1,S2,S3). Untuk Muzzaki Lembaga, mayoritas pendidikan terakhir Muzzaki adalah Sarjana (S1,S2,S3) sebanyak 82 orang (82 persen), sedangkan untuk SLTA dan Diploma mempunyai jumlah yang sama, yaitu 9 orang (9 persen). Muzzaki Non-Lembaga pun mempunyai mayoritas pendidikan terakhir Sarjana (S1, S2, S3) sebanyak 80 orang (80 persen), dan 20 orang (20 persen) memiliki pendidikan terakhir SLTA. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pendapatan sebulan Muzzaki Lembaga dan Muzzaki Non-Lembaga memiliki jumlah pendapatan bulanan yang beragam. Untuk mayoritas pendapatan sebulan Muzzaki pertama adalah Rp 7.500.000 – Rp 10.000.000 sebanyak 50 orang (50 persen), Rp 10.000.000 – Rp 15.000.000 sebanyak 22 orang (22 persen), dan sisanya 28 orang (28 persen) memiliki pendapatan diatas Rp 15.000.000. Muzzaki Non-Lembaga mempunyai jenjang pendapatan mayoritas adalah Rp 7.500.000 – Rp 10.000.000 dan diatas Rp 15.000.000 sebanyak 31 orang (31 persen), Rp 10.000.000 – Rp 15.000.000 sebanyak 24 orang (24 persen), dan dibawah Rp 5.000.000 sebanyak 14 orang (14 persen). Pengeluaran untuk makanan dan minuman setiap bulannya pada Muzzaki Lembaga adalah sebanyak 60 orang (60 persen) sebesar Rp 3.500.000 – Rp 5.000.000, dan sisanya diatas Rp 5.000.000. Sedangkan untuk Muzzaki Non-Lembaga adalah sebanyak 85 orang (85 persen) sebesar diatas Rp 5.000.000, dan sisanya Rp 2.000.000 – Rp 3.500.000. Total pengeluaran setiap bulan untuk Muzzaki Lembaga memiliki mayoritas sebanyak 50 orang (50 persen) sebesar Rp 7.500.000 – Rp 10.000.000, kemudian sebanyak 41 orang (41 persen) sebesar Rp 10.000.000 – Rp 15.000.000, dan 9 orang (9 persen) dibawah Rp 5.000.000. Total pengeluaran setiap bulan untuk Muzzaki Non-Lembaga sebanyak 31 orang (31 persen) sebesar Rp 7.500.000 – Rp 10.000.000, 29 orang (29 persen) diatas Rp 15.000.000, 25 orang (25 persen) sebesar Rp 10.000.000 – Rp 15.000.000, dan 15 orang (15 persen) dibawah Rp 5.000.000. Terdapat enam atribut yang digunakan di multiatribut Fishbein yaitu product, place, people, promotion, process, physical evidence. Berdasarkan hasil analisis diatas, terlihat rata-rata tingkat keyakinan ke enam atribut mengenai BAZNAS, penilaian keyakinan Muzzaki Lembaga lebih tinggi dibandingkan dengan Muzzaki Non-Lembaga. Namun tingkat harapan terhadap ke enam atribut baik Muzzaki Lembaga maupun Muzzaki Non-Lembaga hampir memiliki perbedaan yang tidak terlalu jauh. Dari perhitungan Ao (sikap konsumen) secara keseluruhan diperoleh skor multi atribut Fishbein Muzzaki Lembaga sebesar 97.37, dan Muzzaki Non-Lembaga 90.41. dengan demikian secara keseluruhan Muzzaki Lembaga memang lebih menyukai Lembaga BAZNAS untuk menyalukan zakatnya dibandingkan Muzzaki Non-Lembaga. Terdapat enam atribut yang digunakan pada analisis diskriminan, yaitu Aware Zakat, Aware BAZNAS, Produk, Sikap, Jenis Kelamin, dan Usia. Rata – rata Muzzaki Lembaga memiliki skor Aware Zakat, Aware BAZNAS, Sikap, Produk, Jenis Kelamin, dan Usia lebih tinggi di bandingkan Muzzaki Non-Lembaga. fungsi kanonik yang terstandarisasi, yaitu Y=-0.215 Aware Zakat + 0.864 Aware BAZNAS + 0.228 Sikap + 0.347 Produk -0.048 Jenis Kelamin + 0.296 Usia. fungsi Diskriminan yang terbentuk adalah Lembaga = -154.304 + 0.781 Aware Zakat + 34.003 Aware BAZNAS + 0.797 Sikap + 0.201 Produk + 7.320 Jenis Kelamin + 0.731. Non-Lembaga = -108.711 + 0.998 Aware Zakat + 25.775 Aware BAZNAS + 0.723 Sikap – 0.154 Produk + 7.706 Jenis Kelamin + 0.597. Fungsi Diskriminan yang terbentuk sudah sangat fit (baik), karena memiliki nilai kekuatan prediksi sebesar 96.0%, yang berarti terdapat 4% yang tidak sesuai atau sebanyak 8 Muzzaki.

            Item Type: Thesis or Disertation (Masters)
            Uncontrolled Keywords: BAZNAS, Muzzaki, Perception, Attitude, Tabulation Descriptive, Multiatribut Fishbein, Discriminant Analysis
            Subjects: Manajemen Pemasaran
            Divisions: UNSPECIFIED
            Depositing User: Library
            Date Deposited: 12 Dec 2011 10:22
            Last Modified: 10 Sep 2014 08:38
            URI: http://repository.mb.ipb.ac.id/id/eprint/259

            Actions (login required)

            View Item